Berita

NasDem Apresiasi Sistem Elektronik BPN Jateng

SEMARANG (20 Maret): Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Aminurokhman, mengapresiasi upaya Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (Kanwil BPN) Jawa Tengah yang sedang membangun sistem berbasis elektronik. Sistem itu guna meningkatkan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat.

“Sekarang sedang dibangun sistem elektroniknya. Kita apresiasi bahwa Kanwil BPN Jawa Tengah sudah mempersiapkan sistem yang lebih perfect untuk memberikan fungsi layanan kepada masyarakat,” kata Aminurokman saat mengikuti Kunjungan Kerja Spesifik Panja RUU Provinsi Jawa Tengah ke Kanwil BPN Jateng, di Semarang, Jateng, Kamis (16/3).

Amin meyakini, sistem elektronik tersebut dapat mencegah dan meminimalisasi kasus kejahatan mafia tanah. Ia tidak menampik bahwa mafia tanah banyak melibatkan oknum BPN sendiri.

“Sistem elektronik ini meminimalisasi oknum-oknum yang mau bermain di luar koridor. Saya yakin kalau kesadaran masyarakat itu berbanding lurus dengan sistem yang dibangun sekarang tentu akses-akses yang kemarin dilakukan oleh oknum di internal maupun eksternal BPN akan bisa ditekan. Kalau itu sudah bisa dilakukan , masyarakat juga akan diberikan kemudahan,” imbuhnya.

Legislator NasDem dari Dapil Jawa Timur II (Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, dan Pasuruan) tersebut berharap kantor-kantor BPN di wilayah lainnya dapat membuat sistem elektronik serupa. Seusai dengan arahan Presiden Joko Widodo, dibutuhkan percepatan transformasi digital dengan mengubah secara struktural, dari cara kerja, beraktivitas, berkonsumsi, belajar, dan bertransaksi dari yang sebelumnya offline ke online serta digital.

“Nah itu komitmen dari Kanwil BPN seperti itu. Mudah-mudahan ini bisa dilaksanakan di seluruh Indonesia. Tiap kanwil dan kepala kantor dapat memastikan sistem elektronik itu bisa membantu masyarakat dalam memberikan layanan yang optimal,” tutupnya. (dpr.go.id/*)

Share: