Berita

Hasnah Ajak Masyarakat Cegah PTM Melalui Germas

BARRU (20 Maret): Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Hasnah Syam kembali menggelar sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Kegiatan kali ini dilaksanakan di Pegunungan Bette, Desa Jangan Jangan, Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel), Minggu (19/3).

Sosialisasi itu adalah kerja sama Hasnah dengan Kementerian Kesehatan melalui Politeknik Kesehatan Makassar. Kegiatan itu diikuti lebih dari 600 peserta.

Hasnah dalam sambutannya mengatakan, penyebab maraknya penyakit tidak menular (PTM) disebabkan gaya hidup masyarakat yang kurang berolahraga, pola makan tidak sehat, minum minuman beralkohol, dan kebiasaan merokok.

Masalah kesehatan yang dihadapi adalah persoalan gizi serta cakupan imunisasi yang belum maksimal. Hal itu mengakibatkan banyaknya anak yang mengalami stunting.

"Ahamdulillah berkat upaya kita bersama seluruh stakeholder terkait, angka stunting di Barru mengalami penurunan yang sangat signifikan. Angka stunting dari 26, 40% pada tahun 2021, turun menjadi 14, 10% di tahun 2022", ujar Hasnah di depan peserta sosialisasi.

Dalam kesempatan itu Hasnah mengajak juga masyarakat melaksanakan Germas, untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Meski PTM merupakan penyakit ‘berbiaya tinggi’, masih dapat dicegah.

“Kita perlu mencegah penyakit-penyakit itu. Caranya dengan Germas, olahraga teratur, makan makanan bergizi, perbanyak konsumsi sayur dan buah, dan sebagainya," ujar Legislator NasDem dari Dapil Sulsel II (Bulukumba, Sinjai, Bone, Maros, Pangkajene dan Kepulauan, Barru, Soppeng, Wajo, dan Kota Parepare) itu.(RO/dis/*)

Share: