Berita

Pemerintah tidak Fokus Eksplorasi Gas Bumi

MANGUPURA (25 November): Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto menilai pemerintah tidak fokus terhadap eksplorasi gas bumi atau liquefied natural gas (LNG) serta pemanfaatan sumber daya alam tersebut.

Menurut Legislator NasDem itu, gas bumi seharusnya menjadi fokus utama bagi Pemerintah Indonesia karena potensinya besar.

“Saya melihat rezim saat ini kurang begitu konsisten di dalam hal pemanfaatan gas bumi. Terbukti kalau kita lihat sekarang, dengan serta merta beralih misalnya dari sisi transportasi ke listrik,” kata Sugeng dalam 3rd International Convention of Indonesia Upstream Oil and Gas 2022 (IOG 2022), di Mangupura, Nusa Dua, Badung, Bali, Rabu (23/11).

Sugeng mengatakan, gas bumi bisa dimanfaatkan untuk transisi energi menuju net zero emission (NZE) pada 2060.  Apalagi cadangan gas bumi di Tanah Air cukup banyak. Bahkan, ditemukan titik-titik eksplorasi baru, seperti di Aceh.

Untuk mendukung pemanfaatan gas bumi ini, Sugeng lebih sepakat apabila RUU Minyak dan Gas (RUU Migas) diubah menjadi RUU Gasmi.

“Karena banyak sekali yang akan kita atur dalam urusan gas,” imbuhnya.

Legislator NasDem dari Dapil Jawa Tengah VIII (Banyumas, Cilacap) itu optimistis RUU Migas akan disahkan tahun depan. Menurutnya, beleid tersebut bisa memberikan kepastian investasi yang jauh lebih baik bagi industri migas.

Sugeng menyadari sektor migas memerlukan investasi jumbo dan alih teknologi, apalagi untuk transisi energi.

"Gas bumi juga bisa menjadi energi bersih dan digunakan untuk bauran energi baru dan energi terbarukan (EBET)," tukasnya. (dpr.go.id/*)

Share: