Berita

NasDem Harap AIPA bisa Jaga Stabilitas Keamanan ASEAN

PHNOM PENH (25 November): Anggota Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI dari Fraksi NasDem, Ratih Megasari Singkarru menghadiri Executive Committee Meeting yang mengawali rangkaian Sidang Umum ke-43 ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) dengan tema “Advancing Together for Sustainable, Inclusive and Resilient ASEAN”, di Phnom Penh, Kamboja, Minggu (20/11).

"Harapannya, pada prinsipnya kita ingin negara-negara ASEAN bisa lebih bersatu dan juga harus siap menghadapi tantangan global yang semakin kompleks," ujar Ratih dalam keterangannya, Jumat (25/11).

Selain itu, Ratih juga berharap pertemuan Parlemen ASEAN tersebut bisa menjaga stabilitas keamanan kawasan. Ia juga mendorong peranan negara anggota ASEAN untuk dapat melindungi rakyat ASEAN.

"Terutama terkait krisis Myanmar, agar lima poin konsensus ASEAN bisa segera diimplementasikan. Hal ini juga bertujuan untuk bisa mewujudkan ASEAN yang damai, stabil dan sejahtera," tandasnya.

Legislator NasDem itu menjelaskan, Sidang Executive Committee menyetujui Emergency Item usulan Indonesia yang berjudul Parliamentary Diplomacy for the Implementation of ASEAN Five-Point Consensus untuk dibahas lebih lanjut pada Commitee on Political Matters.

Untuk diketahui, Sidang Executive Committee membahas sejumlah agenda. Yaitu, Program dan Agenda Sidang Umum ke-43 AIPA, Komposisi Delegasi pada Sidang-Sidang Komite AIPA (Women Parliamentarians, Young Parliamentarians, Komite Politik, Ekonomi, Sosial, dan Organisasi, serta Dialog dengan Parlemen Observer, AIPA-ASEAN hearing dan Joint Communiqué). Sidang juga memutuskan pelaksaan Sidang Umum ke-44 AIPA di tahun 2023 dilaksanakan di Indonesia.(dis/*)

Share: