Berita

Perlu Percepat Booster untuk Anak Guna Cegah Peningkatan Covid 19

JAKARTA (6 Agustus): Peningkatan jumlah kasus positif dan angka kematian akibat Covid-19 di Tanah Air saat ini harus dijawab dengan kewaspadaan tinggi lewat sejumlah langkah antisipasi dengan meningkatkan perlindungan terhadap kelompok  rentan, termasuk anak-anak, dari paparan Covid-19.

"Sejumlah upaya pencegahan penyebaran Covid-19 harus benar-benar kembali kita tingkatkan dengan berbagai cara," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (6/8).

Pada Kamis (4/8), Jubir Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito mengungkapkan kasus positif pada pekan ini lebih dari 38.000. Jumlah itu meningkat 15 kali jika dibandingkan dengan pada awal Juni 2022 yang hanya 2.000-an kasus.

Wiku juga mengungkapkan tingkat kematian akibat Covid-19 juga naik hampir mencapai 100 orang pada pekan ini.

Drastisnya peningkatan ancaman itu, menurut Lestari yang akrab disapa Rerie, harus menjadi perhatian serius para pemangku kepentingan, mengingat kelompok masyarakat rentan seperti lansia dan anak-anak belum sepenuhnya mendapatkan vaksin booster.

Apalagi, tambah Legislator NasDem itu, saat ini juga mulai merebak penyakit cacar monyet di dunia, yang menyebar ke sejumlah negara.

Rerie berharap, para pemangku kepentingan di Pusat dan daerah segera memetakan langkah antisipasi serta mengevaluasi sejumlah kebijakan yang berpotensi meningkatkan kembali penularan Covid-19.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu berharap ada percepatan perluasan vaksin booster bagi kelompok rentan seperti anak-anak, dengan menyegerakan kebijakan vaksin booster untuk anak.

Kesiapan penyelenggaraan pembelajaran tatap muka (PTM), kata anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai NasDem itu, juga harus benar-benar dipastikan, lewat  pemenuhan protokol kesehatan sesuai yang dipersyaratkan di setiap daerah.

Rerie berpendapat peningkatan jumlah kasus Covid-19 yang terjadi saat ini harus dihadapi dengan semangat persatuan seluruh anak bangsa dalam mematuhi setiap kebijakan pencegahan penyebaran Covid-19 di Tanah Air.(*)

Share: