Berita

Tina Nur Alam Serahkan Beasiswa kepada Mahasiswa Kendari

KENDARI (24 Desember): Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Tina Nur Alam memberikan beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah kepada 102 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Enam-Enam (STIE-66) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). Dengan beasiswa tersebut, mahasiswa terbebas dari biaya kuliah.

Beasiswa diserahkan secara simbolis kepada Ketua STIE-66 Kendari, Bakhtiar Abbas, disaksikan Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI), di Aula Plaza Inn, Kendari, Sultra, Kamis (23/12).

Beasiswa tersebut merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) hasil aspirasi Tina Nur Alam.

"Sudah dua tahun ini berturut-turut ada sekitar 1.000 beasiswa KIP-Kuliah atas aspirasi saya, diberikan kepada mahasiswa kurang mampu dan berprestasi. Tahun ini ada 500 beasiswa," kata Tina.

Legislator NasDem dari Dapil Sultra itu menjelaskan, beasiswa yang telah diberikan tersebar di beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta di Sultra maupun di luar Sultra. Termasuk kepada mahasiswa STIE-66 Kendari.

Tina meminta agar mahasiswa fokus menyelesaikan studi karena selain pembebasan biaya kuliah selama delapan semester, mahasiswa juga diberikan uang bulanan selama menempuh kuliah.

"Jadi, mahasiswa penerima beasiswa silakan fokus kuliah dan berprestasi. Semuanya sudah ditanggung. Selalu perhatikan syarat seperti ketercapaian IPK (Indeks Prestasi Komulatif) 3,0 ke atas, agar beasiswa tidak dicabut di tengah jalan," pesannya.

Tina menegaskan akan terus memberikan perhatian pada pemenuhan akses pendidikan untuk masyarakat Sultra. Selama dua tahun terakhir ini Tina Nur Alam juga sudah memberikan sekitar 50.000 beasiswa PIP untuk siswa SD, SMP, SMA, dan SMK se-Sultra. Ada pula bantuan pembebasan UKT (Uang Kuliah Tunggal) satu semester bagi 500 mahasiswa.

Sekretaris LLDIKTI,  Andi Lukman mengaku salah satu upaya peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi adalah melibatkan pihak luar. Seperti yang dilakukan anggota DPR RI dari Partai NasDem, Tina Nur Alam di Sultra.

Peningkatan kuantitas bantuan pendidikan akan mendukung perguruan tinggi dalam meningkatkan mutu pendidikan perguruan tinggi.

"Mahasiswa harus berterima kasih kepada tokoh seperti ibu Tina yang telah memperjuangkan beasiswa untuk mahasiswa di Sultra," pesannya.

Penyerahan beasiswa dihadiri Ketua Dewan Penyantun Yayasan STIE-66 Kendari, Sudarmanto, Ketua STIE-66 Kendari, Bakhtiar Abbas, dan seluruh jajaran pengajar, juga orangtua mahasiswa. (alp/Dis/*)

Share: