Berita

Selama 2021 Martin Bantu Warga Samosir Senilai Rp1,3 Miliar

PANGURURAN (24 Desember): Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Martin Manurung menyalurkan bantuan ke berbagai kelompok masyarakat di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut). Penyerahan bantuan senilai Rp297,3 juta itu dilaksanakan di Aula A E Manihuruk, di Pangururan, Samosir, Rabu (22/12).

Dengan bantuan tersebut, tercatat bantuan yang diberikan Martin kepada warga Samosir selama tahun 2021 mencapai Rp1,3 miliar.

Legislator NasDem itu mengatakan bantuan tersebut merupakan hasil dari pelaksanaan tugasnya sebagai anggota DPR RI. Tugas yang dimaksud yaitu menyerap, menghimpun, menampung, dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat.

Pada hari itu, bantuan diberikan untuk kelompok masyarakat seperti Alsintan (Alat Mesin Pertanian), juga untuk lembaga keagamaan berupa renovasi rumah ibadah, dan juga beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP).

Di tahun 2021 ini, beasiswa PIP yang berhasil diperjuangkan Martin untuk untuk pelajar Samosir mencapai Rp42,9 juta. Rinciannya, untuk SD sebanyak 37 siswa (Rp450 ribu/siswa), SMP 11 siswa (Rp750 ribu/siswa), SMA 14 siswa (Rp1 juta/siswa), dan SMK 4 siswa (Rp1 juta/siswa).

“Inilah pentingnya anggota DPR. Memperjuangkan program pemerintah Pusat untuk masyarakat seperti saat ini. Jadi jangan pernah berpikir tidak ada manfaatnya anggota DPR RI karena kantornya di Jakarta,” kata Martin di hadapan ratusan warga.

Legislator NasDem dari Dapil Sumut II (Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Tapanuli Selatan, Kota Padang Sidempuan, Mandailing Natal, Kota Gunungsitoli, Kota Sibolga, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Toba Samosir, Nias Selatan, Samosir, Padang Lawas Utara, Padang Lawas, Nias, Nias Selatan, Nias Utara, dan Nias Barat) itu mengingatkan masyarakat penerima bantuan, khususnya bantuan alsintan untuk dijaga dan dimanfaatkan dengan baik.

“Manfaatkan untuk peningkatan ekonomi bapak ibu sekalian. Jangan dijual ya. Karena nanti akan diaudit BPK,” ujar Martin, disambut gelak tawa peserta acara.

Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan terima kasih kepada Martin Manurung atas program yang direalisasikan selama ia menjabat.

“Saya merasa bangga dengan kerja keras dan kepedulian Bapak Martin Manurung. Jadi kita semua yang ada di sini harus mengingat kerja keras beliau. Kita harus benar-benar ingat ke depannya,” ungkap Vandiko.

Nicholas Sinaga, salah satu pelajar penerima bantuan turut menyampaikan terima kasih kepada Martin atas bantuan yang ia terima.

“Bantuan ini sangat bermanfaat untuk kami pelajar di Samosir. Kami bisa memanfaatkan untuk membeli peralatan sekolah dan penunjang pendidikan lainnya. Terima kasih Pak Martin Manurung,” ujar Nicholas.

Di akhir acara, Martin Manurung mengadakan live video conference dengan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo untuk menyapa masyarakat Samosir penerima bantuan dan seluruh peserta kegiatan.(Darwis/Dis/*)

Share: