Berita

Gobel Bertukar Dasi dengan Wakil Ketua Parlemen Belarusia

MINSK (24 Oktober): Wakil Ketua DPR Rachmad Gobel secara spontan meminta pertukaran dasi dengan Wakil Ketua DPR Belarusia, Valery Mitskevich.

“Kita dasinya sama-sama berwarna biru. Ini menunjukkan kita satu hati. Bolehkah jika kita bertukar dasi,” ungkap Gobel, Jumat (22/10) waktu setempat, atau Sabtu dinihari waktu Indonesia di Minsk, Belarusia.

Pertukaran dasi itu dilakukan saat delegasi anggota DPR dari Indonesia dijamu makan malam di Gedung Parlemen Belarusia. Dari Indonesia selain Gobel, hadir juga Ketua Komisi VII dPR RI Sugeng Suparwoto, anggota Komisi X DPR RI Ratih Megasari Singkarru, dan anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan.

Hadir pula dari unsur Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, dan Dirut Pupuk Kaltim Rahmat Pribadi. Sedangkan dari DPR Belarusian hadir seluruh wakil ketua DPR Belarusia. Jamuan makan malam yang diiringi musik klasik live itu berlangsung hangat dan akrab.

Tawaran pertukaran dasi itu langsung disambut baik Valery. Maka di meja makan itu, keduanya melepas dasi masing-masing dan kemudian saling bertukar dasi.

“Dasi ini nanti saya simpan khusus sebagai kenang-kenangan dan tanda persahabatan,” kata Gobel.

Dalam berbagai kunjungan ke negara lain, Gobel selalu mengedepankan pendekatan hati ke hati (heart to heart), bukan sekedar bisnis belaka. "Agar tercapai mutual respect dan mutual benefit," katanya.

Valery mengaku surprise dengan pertukaran dasi ini.

"Ini pertama terjadi," katanya.(Nasihin/*)

Share: