Berita

NasDem Apresiasi Indonesia Terpilih Jadi Anggota Dewan FAO

JAKARTA (21 Juni): Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Abdullah Tuasikal mengapresiasi Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) beserta jajarannya atas kontribusi positif sektor pertanian terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

"Kami mengapresiasi triwulan pertama tahun 2021 sektor pertanian yang berkontribusi positif pada pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 2,95 persen," ujar Tuasikal saat Rapat Kerja Komisi IV DPR RI dengan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (21/6).

Bahkan, kata Legislator NasDem itu, sektor pertanian mengalami kenaikan realisasi kredit usaha rakyat (KUR) pada tahun 2020 sebesar Rp55,94 triliun atau 112% dari target Rp50 triliun.

"Tentunya pencapaian tersebut perlu terus ditingkatkan dengan program serta dukungan anggaran agar arah pembangunan pertanian dapat berjalan seperti yang diharapkan," kata wakil rakyat dari dapil Maluku itu.

Tuasikal juga mengapresiasi terpilihnya Indonesia menjadi anggota Dewan Badan Pangan dan Pertanian PBB atau Food and Agriculture Organization (FAO).

"Pengakuan dunia internasional tersebut harus diikuti dengan komitmen kita untuk terus berperan aktif dalam mewujudkan ketahanan pangan, nutrisi, dan pembangunan pertanian berkelanjutan di dalam negeri hingga tatanan global," tegasnya.

Diketahui, FAO memilih Indonesia sebagai anggota Dewan FAO untuk periode 2021-2024 dalam 42nd Session of the FAO Conference.

“Penunjukan sebagai anggota dewan ini, kami nilai sebagai kepercayaan yang luar biasa,” kata Mentan Syahrul Yasin Limpo seusai Raker dengan Komisi IV DPR RI itu.

Indonesia terpilih menjadi wakil kelompok regional Asia bersama lima negara Asia lainnya, yaitu Bangladesh, China, Jepang, Filipina, dan Korea Selatan.

Mentan SYL bersyukur karena kepercayaan yang diberikan kepada Indonesia menunjukkan bahwa pertanian Indonesia sudah berjalan sesuai dengan koridor yang ada. Kepercayaan itu menjadi kado istimewa bagi masyarakat pertanian Indonesia yang tengah memperingati Hari Krida Pertanian (HKP) setiap tanggal 21 Juni.

“Pertanian kita dinilai tumbuh luar biasa oleh FAO dalam beberapa waktu terakhir. Sektor pertanian Indonesia telah memberikan kontribusi dan mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang positif,” tukas SYL.(HH/*)

Share: