Berita

Soal Panglima TNI,  NasDem Dukung Keputusan Presiden

JAKARTA (16 Juni): Wakil Ketua Fraksi NasDem DPR RI, Willy Aditya menilai KSAD Jenderal Andika Perkasa dan KSAL Laksamana Yudo Margono adalah putra-putra terbaik Indonesia yang pantas menjadi kandidat Panglima TNI mendatang.

"Secara prinsipil keduanya adalah putra-putra terbaik bangsa dan layak memimpin institusi TNI. Presiden Joko Widodo sebagai Panglima Tertinggi memiliki hak prerogatif untuk memilih siapa di antara keduanya," kata Willy kepada wartawan, Selasa (15/6).

Namun Willy menegaskan, Presiden Joko Widodo lah yang berwenang memilih suksesor Marsekal Hadi Tjahjanto itu. Willy menekankan, Fraksi Partai NasDem DPR mendukung sepenuhnya keputusan Presiden Jokowi nantinya.

"Fraksi NasDem tentu akan mendukung pilihan Presiden siapa pun yang akan terpilih. Hal itu sebagai wujud komitmen partai pendukung pemerintah," imbuhnya.

Legislator NasDem dari dapil Jawa Timur XI (Bangkalan, Pamekasan, Sumenep, dan Sampang) itu menyebutkan, siapa nantinya yang dipilih Jokowi jadi Panglima TNI harus didukung. Willy meyakini tidak akan sulit bagi Jokowi memilih Andika atau Yudo.

"Siapa pun yang dipilih Presiden Joko Widodo sebagai Panglima TNI nantinya haruslah dapat mendukung kinerja pemerintahan khususnya dalam hal pertahanan militer," terang Willy.

Wakil Ketua Badan Legislasi DPR itu menegaskan, memilih satu di antara dua putra terbaik yang memang sudah matang di dunianya itu tentu bukan pilihan sulit bagi Presiden.  

Jabatan Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI akan segera berakhir karena mendekati masa pensiun. Sesuai UU tentang TNI, Presiden akan mengajukan satu nama calon Panglima TNI untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan di DPR.(*)

Share: