Berita

Bantuan Alsintan untuk Kelompok Tani bukan Pribadi

SELONG (25 Desember): Anggota DPR RI Fraksi Partai NasDem, M Syamsul Luthfi menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) prapanen berupa tiga buah traktor roda dua dilengkapi alat penjalak lainnya.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan Anwar, Staf Ahli M Syamsul Luthfi, kepada kelompok tani di Selong, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jum'at (25/12).

Anwar menjelaskan, bantuan itu diberikan kepada tiga kelompok tani yang sebelumnya mengajukan permohonan melalui tenaga ahli DPR RI sehingga bisa diserahkan kepada masing-masing ketua mewakili kelompoknya.

"Kelompok tani yang menerima bantuan tersebut berasal dari Kecamatan Suralaga, Peringga Baya, dan Kecamatan Sembalun untuk digunakan sebagaimana mestinya agar mempermudah petani bercocok tanam seperti menjalak sawah sebelum menanam padi," ujarnya.

Anwar berharap alsintan yang disalurkan kepada kelompok tani di beberapa kecamatan itu bisa bermanfaat bagi para petani, sehingga mampu mendapatkan hasil yang melimpah dan petani bisa semakin produktif.

Anwar juga menjelaskan, secara umum Kabupaten Lombok Timur merupakan salah satu lumbung pangan dengan kualitas hasil panen yang bagus. Sehingga bantuan traktor itu diharapkan mampu menunjang para petani untuk mencapai hasil panen yang optimal.

Selain itu, dengan adanya dukungan alsintan itu petani bisa meningkatkan transfer teknologi dalam peningkatan intensitas pertanaman.

"Yang paling penting bantuan alsintan ini tidak disalahfungsikan untuk pribadi atau perorangan saja, karena ini adalah untuk kelompok," jelasnya.

Anwar juga menegaskan, siapapun boleh menggunakannya untuk membajak lahan persawahan, asal sesuai ketentuan yang berlaku. Dalam hal ini, pihak kelompok tani sendiri yang mengatur, bagaimana prosedur dalam meminjam alsintan tersebut.(RO/*)

Share: