Berita

Delmeria Salurkan Bantuan Untuk Kaum Disabilitas di Sibolga

SIBOLGA (3 Desember): Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga, Sumatera Utara (Sumut) melalui Dinas Sosial menyerahkan bantuan alat bantu dampingan dari Kementerian Sosial, bagi penyandang disabilitas Kota Sibolga.

Penyerahan bantuan berlangsung pada Kamis (3/12) di Kelurahan Huta Tonga-Tonga Kecamatan Sibolga Utara, Kota Sibolga, Sumut bertepatan dengan Hari Disabilitas International (HDI) Tahun 2020 yang diperingati setiap tanggal 3 Desember.

Bantuan tersebut didapatkan Kota Sibolga atas rekomendasi anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Delmeria Sikumbang. Alat bantu yang diberikan berupa kursi roda sebanyak 16 unit, tongkat kruk dua unit, tripod dua unit, tongkat netra delapan unit, dan alat tulis braille sejumlah empat set.

Wali Kota Sibolga, HM Syarfi Hutauruk, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut tidak ada hubungannya dengan politik Pilkada, karena aparatur sipil negara (ASN) harus netral dalam Pilkada. Acara hari ini merupakan acara kenegaraan.

"Anggota DPR RI Komisi VIII dari Fraksi NasDem Hj Delmeria Sikumbang membawa bantuan dari Kemensos RI. Inilah gunanya ada orang kita yang duduk menjadi anggota DPR RI. Terima kasih kepada Ibu Hj Delmeria atas bantuannya kepada masyarakat Kota Sibolga," kata Syarfi.

Syarfi juga berharap para paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga yang akan terpilih, agar menunaikan kewajiban memberikan pelayanan kepada seluruh rakyat Kota Sibolga, termasuk penyandang disabilitas.

Delmeria yang hadir dan sekaligus menyerahkan 30 paket hadiah Natal, dalam sambutannya menyampaikan kepada penyandang disabilitas bahwa menjadi disabilitas bukanlah pilihan.

"Ini takdir Tuhan yang harus kita syukuri. Boleh kita memiliki kekurangan di suatu hal, tapi jangan sampai kita kurang di mata Tuhan. Itu yang paling penting. Iman kita harus yang paling bagus di mata Tuhan,’’ kata Delmeria.

Apapun yang bisa diperbuat, tambah Legislator NasDem itu, sekecil apapun harus dilakukan karena akan mendatangkan pahala, baik untuk diri sendiri maupun keluarga. ‘’Apapun bentuk kegiatan yang diusulkan oleh saudara kami kaum disabilitas, sampaikanlah kepada Pemerintah Sibolga, nanti akan kami perjuangkan di Pusat,” tambah Delmeria.

Acara tersebut juga dirangkai dengan peluncuran Kelurahan Inklusi Huta Tonga-Tonga, ditandai dengan penandatanganan prasasti Kelurahan Inklusi oleh Delmeria Sikumbang dan prasasti Kampung Paten Beriman oleh Wali Kota Sibolga, Syarfi Hutauruk.

Pada kesempatan tersebut Pemko Sibolga melalui BPBD Kota Sibolga juga menyerahkan 500 masker bagi penyandang disabilitas. Juga ada pemberian cinderamata dari Kelurahan Huta Tonga-Tonga kepada anggota Rehabilitasi Bersumberdaya Masyarakat (RBM) Hepata Sibolga, serta penyerahan sertifikat Akreditasi RBM Hepata Sibolga dari Kemensos RI.

Hadir pada acara tersebut Kepala Departemen Diakonia HKBP Pdt Debora Purada Sinaga, para Pimpinan OPD, Kabag, camat dan lurah se-Kota Sibolga, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Kelurahan Huta Tonga-Tonga, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat serta masyarakat Kelurahan Huta Tonga-Tonga.(RO/*)

Share: