Johnny G Plate, SE

No.Anggota: A-27
Dapil: NTT I
Johnny G. Plate, nama politisi Partai NasDem satu ini terlebih dahulu dikenal sebagai direktur Air Asia. Namun ia begitu berkeinginan untuk mengubah daerah kelahirannya yang terbilang sebagai propinsi dengan jumlah keluarga kurang mampu yang cukup banyak. Jhonny terpanggil untuk bergabung bersama Partai NasDem yang dipandangnya sebagai partai yang membawa harapan untuk perubahan masyarakat bersama gagasan Gerakan Perubahan.

Visinya adalah bagaimana menghadirkan pemimpin bagi masyarakat NTT yang mampu mengubah mindset masyarakat. Pemimpin yang tidak mewariskan sikap meminta-minta atau yang dalam istilah Manggarai, ‘ngende’. Baginya, tidak hanya NTT namun Indonesia benar-benar membutuhkan pemimpin yang memiliki komitmen untuk mengembangkan potensi-potensi lokal.

Johnny G. Plate yang lahir di Ruteng, Flores pada 10 September 1956. Suami dari Maria Ana dan ayah dari 3 orang anak ini merupakan sarjana lulusan Universitas Katolik Atmajaya, Jakarta pada 1986. Johnny, demikian ia sering dipanggil, berasal dari daerah pemilihan NTT I meliputi Kab. Alor, Kab. Ende, Kab. Flores Timur, Kab. Lembata, Kab. Manggarai, Kab. Manggarai Barat, Kab. Manggarai Timur, Kab. Nagekeo, Kab. Ngada, dan Kab. Sikka.

Johnny saat ini menjadi anggota Komisi XI yang melingkupi bidang keuangan, perencanaan pembangunan nasional, perbankan, lembaga keuangan bukan bank. Selain itu, Jhonny juga menjabat Ketua Kelompok Fraksi (kapoksi) XI, anggota Banggar, dan anggota Badan Musyawarah DPR-RI. Selain itu, Wakil Ketua Fraksi NasDem ini juga menjabat sebagai Ketua Departemen Energi SDA dan Lingkungan Hidup DPP NasDem.