Akbar Faizal

Wakil Ketua Fraksi/Komisi III

Akbar Faizal bukanlah nama yang asing di ranah politik tanah air. Betapa tidak, politisi yang satu ini boleh dikatakan sangat vokal di DPR, pada masa baktinya di parlemen sejak 2009 lalu, ia menjadi salah satu anggota pansus Century. Akbar merasa kehadirannya tidak hanya harus dengan gagasan yang tepat namun juga dengan instrumen yang tepat, untuk itu dia memutuskan meninggalkan DPR dan bergabung bersama Partai NasDem di tahun 2013. Alasan kepindahannya tentu saja bukan tanpa alasan, pertimbangan kesesuaian ideologis antara apa yang diperjuangkannya dengan partai yang diusungnya merupakan hal yang mutlak untuk bisa mewujudkan perubahan. 



Politisi yang lahir di Makassar 21 Desember 1968 ini mengawali karirnya sebagai wartawan bahkan sejak dari masa kuliah di Fakultas Bahasa dan Sastra IKIP Ujung Pandang, Makassar. Menjadi wartawan sejak tahun 1993, Akbar menjalani karir jurnalistiknya di Makassar, Surabaya, Manado, Bali, hingga Jakarta. Dalam banyak tanggung jawabnya di redaksi pers, ia sering menaungi bidang ekonomi, keuangan, perbankan, dan korporasi. Politisi muda berusia 46 ini pernah menduduki berbagai posisi strategis di berbagai instansi seperti pemimpin redaksi di sebuah majalah dan presiden direktur di dua instansi berbeda.



 Akbar Faizal terpilih dari daerah pemilihan Sulawesi Selatan II meliputi Kabupaten Sinjai, Bone, Maros, Bulukumba, Pangkep, Barru, Soppeng, Wajo, dan Kota Parepare dengan total suara 47.940. Pada masa persiapan pemerintahan Jokowi-JK, Akbar Faizal menjadi salah satu deputi tim transisi. Saat ini, ia dipercaya menjadi anggota Komisi III DPR-RI yang menangani bidang hukum, perlindungan hak azasi manusia, dan keamanan. Hal ini menjadi fokus bagi Akbar karena untuk menciptakan iklim perekonomian yang baik, diperlukan kepastian hukum serta keamanan, dan komitmen pemerintah untuk meningkatkan perlindungan terhadap hak azasi manusia.



 Saat ini, Akbar Faizal menjabat Ketua Bidang Politik dan Pemerintahan di DPP Partai Nasdem. Suami dari Andi Syamsartika Virawati ini juga menjadi Wakil Ketua Fraksi Partai NasDem di DPR-RI. Selain kesibukannya di dunia politik, Akbar tetap tidak meninggalkan dunia menulis, ia termasuk politisi yang cukup produktif dalam menulis buku ataupun artikel serta opini yang dimuat di berbagai media di Indonesia. Untuk lebih dekat dengan masyarakat dan konstiten, Akbar memiliki laman pribadi di www.akbarfaizal.com dan akun twitter @akbarfaizal68.