Dr. Achmad Hatari, SE, M.Si

No.Anggota: A-35
Dapil: MALUKU UTARA
Achmad Hatari merupakan seorang putra Tidore yang lahir di Gubarati 2 Januari, 65 tahun yang lalu. Sebagai pensiunan birokrat di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Papua ini duduk di Komisi XI yang membidangi keuangan, perencanaan pembangunan dan perbankan. Hal ini memotivasinya untuk mampu bekerja sama dengan lebih baik bersama pihak eksekutif untuk menciptakan iklim perekonomian dan perbankan yang kondusif di negeri ini.

Terpilih dari daerah pemilihan Maluku Utara, doktor ilmu Politik dan Pemerintahan dari Universitas Padjajaran ini merupakan calon gubernur Makulu Utara pada pilkada 2013 lalu. Meskipun kalah, Hatari tetap ingin mengabdi kepada masyarakat melalaui jalur parlemen. Politisi ini sejak muda telah aktif berkiprah di organisasi sayap kepemudaan Golkar di tahun 1985. Kemudian menjabat Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KNPI Irian Jaya (1988-1991). Begitu pula di organisasi Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI), ia pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPD AMPI Irian Jaya (1989-1992). Selain itu, ia juga menjabat Ketua Dewan Pakar ICMI Orwil Provinsi Papua (2006-2013).

Kegiatan akademik dan intelektual Achmad Hatari juga cukup banyak. Selain pernah menjadi Dosen Luar Biasa di Sekolah Tinggi Ilmu Administatif dan Akuntasi Jayapura dan University Negeri Cendrawasih (1985-1993) selama 8 tahun, ia juga aktif mengikuti kursus mengenai keuangan di berbagai universitas di Amerika Serikat, Amerika Latin, dan Singapura.