Berita

Bertemu Pimpinan Parlemen Eropa, Gobel Ingin Perkuat Kerja Sama Ekonomi

JAKARTA (6 Oktober): Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang), Rachmad Gobel melakukan pertemuan bilateral dengan Vice President of European Parliament, Nicola Getrund Ruth Beer di kompleks parlemen,  Senayan, Jakarta, Kamis (6/10).

Beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan itu. Di antaranya mengenai perubahan iklim (climate change) dan Perundingan Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA).

“Kita mendiskusikan tentang kerja sama antara Indonesia-Uni Eropa, baik pada sektor perdagangan, investasi, dan industri. Di samping itu juga kita mendiskusikan perlu ada pembahasan bersama antara parlemen Indonesia dan parlemen Uni Eropa tentang krisis pangan dunia dan juga krisis energi, serta masalah climate change,” ujar Gobel seusai pertemuan.

Uni Eropa merupakan salah satu mitra dagang utama Indonesia. Nilai perdagangan Indonesia-UE pada 2021 tercatat sebesar US$29,03 miliar, meningkat jika dibandingkan pada 2020 sebesar US$23,26 miliar.

Sedangkan pada periode Januari-Juli 2022, nilai perdagangan tercatat sebesar US$18,59 miliar atau meningkat 20% dari periode yang sama tahun sebelumnya yakni US$15,52 miliar.

Untuk itu, Gobel mengatakan pertemuan itu juga membahas mengenai Perundingan IEU-CEPA sebagai upaya mendorong peningkatan transaksi perdagangan dan memberikan manfaat bagi Indonesia dan seluruh negara anggota Uni Eropa.

“Dalam pertemuan itu kita juga membahas mengenai IEU-CEPA. Selanjutnya, akan ada pertemuan lagi untuk membahas semua isu yang perlu kita bahas, untuk memecahkan hambatan-hambatan apa saja yang ada,” jelas Legislator NasDem dari Dapil Gorontalo itu.

Gobel juga mengatakan, ke depan parlemen akan lebih aktif untuk melakukan dialog-dialog antara parlemen Indonesia dengan parlemen Uni Eropa untuk mendukung kerja sama bilateral lainnya melalui diplomasi parlemen. (dpr.go.id/*)

Share: