Berita

NasDem-Muhammadiyah Sinkronkan Program Pemberdayaan di DIY

BANTUL (1 September): Anggota Fraksi Partai NasDem DPR RI dari Dapil Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Subardi mendatangi Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah DIY di Kotagede, Kabupaten Bantul, DIY, Selasa (30/8).

Kedatangan anggota Komisi VI DPR RI tersebut untuk menyampaikan capaian program aspirasi NasDem. Menurut Subardi, program-program Partai NasDem di DIY banyak melibatkan kader Muhammadiyah.

NasDem DIY dan PW Muhammadiyah DIY pun menjalin sinkronisasi program di bidang pemberdayaan sosial.

“Banyak aspirasi yang kita realisasikan itu berasal dari Muhammadiyah. Misalnya ada UMKM binaan. Kelompok ibu-ibu kita dorong dapat bantuan melalui KUR (Kredit Usaha Rakyat), Permodalan Nasional Madani dan sebagainya. Ini menunjukkan kedekatan dengan Muhammadiyah membuka peluang besar di bidang pemberdayaan,” kata Subardi.

Kiprah Muhammadiyah, lanjut Ketua DPW Partai NasDem DIY itu, sudah teruji melalui kekuatan struktur hingga ke tingkat ranting. Begitupun dengan Partai NasDem yang juga memiliki jaringan politik di legislatif dan eksekutif. Bersama Muhammadiyah, Subardi ingin jaringan politik tersebut konsisten sesuai dengan garis perjuangan Muhammadiyah.

“Sebagai partai politik, NasDem bukan milik sekelompok orang. NasDem adalah milik bangsa. Maka agenda politik NasDem juga untuk kepentingan bangsa. Kita hadir di sini untuk menyinkronkan kerja-kerja NasDem agar sejalan dengan garis perjuangan Muhammadiyah,” kata Mbah Bardi, sapaan akrabnya.

Wakil Ketua PW Muhammadiyah DIY, Azman Latief mengatakan, banyak kader Muhammadiyah yang berhasil menjadi legislator dari Partai NasDem di DIY. Ia menyambut baik kunjungan itu untuk sinkronisasi program, sekaligus mendukung karir politik kader Muhammadiyah yang ada di Partai NasDem.

“Saya kira beberapa hal bisa kita sinkronkan. Apakah nanti terkait pilpres atau pencalegan. Tentu ini perlu pembicaraan lebih lanjut supaya pertemuan ini tidak sia-sia,” kata Azman.

Sejauh ini Muhammadiyah menilai kinerja NasDem di DIY sudah banyak dirasakan masyarakat. Azman juga memandang perlu menjalin hubungan baik dengan NasDem untuk mendengarkan sisi lain dari setiap keputusan politik di tingkat nasional.

“Muhammadiyah perlu menjalin kedekatan yang sama dengan semua parpol termasuk Partai NasDem. Tentu kami apresiasi silaturahmi ini. Jadi, apabila terdapat keputusan-keputusan politik, kami bisa komunikasi dengan Partai NasDem,” tutupnya.(NK/dis/*)

Share: