Berita

Rakornas Kementan Momen Promosikan Pariwisata Toraja

RANTEPAO (6 Februari) : Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Eva Stevany Rataba bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) meninjau lokasi untuk kegiatan Rakornas Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2022 di Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (5/2).

Eva yang juga putri asli Toraja itu menegaskan, ia bangga Toraja ditunjuk Kementan sebagai tuan rumah event yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo dan para gubernur, bupati serta wali kota dari seluruh Indonesia.

“Saya melihat Pemkab Toraja Utara sudah siap, dan tentu ini menjadi momen penting dalam mempromosikan pariwisata Toraja,” kata Eva.

Legislator NasDem dari Dapil Sulsel III (Kabupaten Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, Tana Toraja, Toraja Utara, Enrekang, Sidrap, Pinrang dan Kota Palopo) itu berharap agar ke depannya sektor agrowisata Toraja bisa mendunia dan menjadi andalan di Toraja.

Menteri Pertanian SYL mengatakan Kabupaten Toraja dan Toraja Utara akan menjadi gerbang utama pertanian Indonesia. Toraja merupakan daerah unik yang memiliki kekayaan alam luar biasa. Kabupaten Toraja Utara menjadi daya tarik spesial bagi masyarakat dunia yang sengaja berkunjung untuk melihat keindahan, keberagaman dan kesuburan alam.

“Karena itu, ada dua hal yang harus kita jaga bersama di Tana Toraja. Pertama adalah mempermudah akses para turis lokal maupun internasional. Kedua adalah menjadikan pertanian sebagai sumber kehidupan. Tana Toraja itu unik, punya kelebihan sendiri dan tidak sama dengan kabupaten lain di Indonesia, bahkan di dunia,” kata SYL.

Khusus untuk sektor pertanian, jelas SYL, semua masyarakat di Toraja harus segera bergerak melakukan olah tanam dan budidaya ternak. Sebab di Tana Toraja sektor pertanian adalah ciri sekaligus daya tarik bagi para turis yang ingin melihat kesuburan alamnya.

“Kalau mau memperbaiki Toraja harus dimulai dari sektor pertanian. Di sini tanah yang subur. Mataharinya bagus dan airnya melimpah. Karena itu saya berharap kita semua melakukan start dari sekarang. Saya optimistis jika pertanian diurus dengan baik, kita pasti bisa masuk 10 besar negara terbaik di dunia. Saya yakin itu,” ungkap SYL.

Hadir mendampingi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam kunjungan itu di antaranya Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang dan Wakil Bupati Toraja Utara Frederik Victor Palimbong. (medcenESR).

Share: