Berita

Sulaiman  Hamzah Serahkan Traktor untuk Kelompok Tani Keerom

KEEROM (15 Agustus): Anggota Komisi IV DPR-RI dari Fraksi Partai NasDem, Sulaiman Hamzah menyerahkan bantuan aspirasi berupa enam unit traktor untuk kelompok tani (Poktan) di Kabupaten Keerom, Papua. Penyerahan bantuan itu dilakukan di halaman Kantor Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Keerom, Distrik Arso, Papua, disaksikan Bupati Keerom, Piter Gusbager, Selasa (10/8).

Adapun rincian bantuan aspirasi tersebut terdiri dari traktor roda empat berjenis zondeere sejumlah dua unit, dan traktor roda dua berjenis hand traktor sejumlah empat unit. Ke enam unit traktor tersebut diberikan kepada poktan penerima di antaranya, dari Kampung Warbo, Yuwanain, Pitewi dan Dukwia.

Hadir dalam acara tersebut antara lain anggota DPRP dari Fraksi NasDem, Fauzun Nihayah (Ketua Rumah Aspirasi Sulaiman Hamzah), anggota DPRD Keerom dari Fraksi NasDem, Sigit Widodo, dan Ahmad Mbara, serta staf ahli Sulaiman Hamzah dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dari Kabupaten Keerom.

Dalam kesempatan tersebut Sulaiman Hamzah mengemukakan, sebagai anggota DPR-RI dari dapil Papua, termasuk Kabupaten Keerom, maka penyerahan bantuan tersebut merupakan bentuk komitmen dan terima kasihnya bagi masyarakat Papua yang telah memilihnya menjadi anggota DPR-RI.

"Kami tahu bantuan ini memang belum merata, namun komitmen kami tetap ada dan akan kami jaring terus aspirasi yang ada agar bisa tetap melayani mereka. Komitmen saya sejak awal pun tak pernah berubah, karena itu saya di Komisi IV DPR yang memang membidangi pertanian, perkebunan, dan perikanan, ini sesuai bidang yang sebagian besar masyarakat Papua tekuni," ungkapnya.

Ia menambahkan, penyerahan bantuan yang disaksikan Bupati Keerom adalah momen pertama ia bertemu dengan Bupati Keerom yang baru dilantik awal Maret lalu.

"Saya yakin Pemkab Keerom di periode ini yang memiliki visi dan misi yang jelas untuk bidang pertanian. Maka setiap tahunnya kami akan berusaha menambah jumlah bantuan alsintan bagi Kabupaten Keerom. Ini sesuai dengan apa yang disampaikan bupati bahwa sebagian besar rayat Keerom bergerak di bidang pertanian," tuturnya.

Sedangkan Bupati Keerom, Piter Gusbager, mengemukakan apresiasinya dan terima kasih atas bantuan aspirasi dari Sulaiman Hamzah. Menurutnya, komitmen dan konsistensi Sulaiman sebagai anggota DPR-RI Komisi IV DPR yang membidangi pertanian, perkebunan, perikanan, telah ditunjukkan dengan pemberian bantuan traktor pertanian tersebut.

”Bantuan traktor ini sangat bermanfaat, karena 60 persen lebih penduduk Keerom bergerak di sektor pertanian. Di era seperti ini, kita tak lagi menggunakan cara-cara pertanian yang tradisional dan konvensional, tetapi kini para petani harus punya pengetahuan, teknologi dan mekanisasi pertanian. Pemkab Keerom sangat menyambut gembira bantuan aspirasi ini,” katanya.

Dia juga mengatakan sesuai ketentuan Kementerian Pertanian, pihak inspektorat dan dinas pertanian melalui unit pengawas tenis, akan melakukan pengawasan agar bantuan traktor dan alat pertanian yang ada bisa bermanfaat maksimal. (RO/*)

Share: