Berita

Terlalu Dekat Pantai, Sahroni Setuju Lapas Padang Direlokasi

JAKARTA (13 April): Wakil Ketua Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Ahmad Sahroni bersama sejumlah anggota Komisi III DPR mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang, Sumatra Barat. Lokasi lapas sangat dekat dengan bibir pantai.

Sahroni menilai, lokasi Lapas Kelas IIA Padang yang berada sekitar 20 meter dari pantai sangat membahayakan narapidana. Apalagi, kontur tanah yang rendah dan rawan bencana.

"Salah satu hal yang menjadi perhatian kami juga adalah terkait lokasi lapas yang terlalu dekat dengan bibir pantai. Ini berbahaya sekali karena Padang merupakan daerah yang rawan gempa. Kalau sampai terjadi tsunami, ribuan napi bisa tewas," ujar Sahroni dalam keterangan tertulis, Senin (12/4).

Legislator Partai NasDem itu menyampaikan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang sudah merekomendasikan agar lapas direlokasi. Sahroni mengatakan Komisi III DPR sangat mendukung rekomendasi BPBD Padang tersebut.

"Keselamatan para warga binaan merupakan prioritas utama. Atau, kalau tidak ada relokasi, setidaknya direnovasi agar lapasnya bisa aman dan tahan bencana,” tegas wakil rakyat dari dapil DKI Jakarta III (Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu) itu.(HH/*)

Share: