Berita

Balai Dusun Simbol Demokrasi dan Gotong Royong

WONOSARI (1 April): Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Subardi menyerahkan bantuan uang tunai sebesar Rp20 juta untuk pembangunan Balai Dusun di Dusun Mbelembem, Desa Candirejo Kapanewon Semin, Gunungkidul, DIY, Rabu (31/3).

Pada penyerahan bantuan tersebut Subardi didampingi Wakil Ketua DPRD Gunungkidul yang juga Sekretaris DPW NasDem  DIY, Suharno. Bantuan dana pembangunan langsung diterima Dukuh Mbelembem.

"Pembangunan Balai Dusun berguna untuk kegiatan kemasyarakatan. Kami Partai NasDem ingin memfasilitasi apa yang dibutuhkan masyarakat di sini," ungkap Subardi saat berdialog dengan masyarakat.

Dalam pembangunan itu, seluruh masyarakat akan terlibat. Begitupun dengan pemanfaatannya. Selain berguna untuk musyawarah masyarakat, Balai Dusun akan dimanfaatkan untuk beragam kegiatan pemberdayaan.

Legislator NasDem itu mengatakan, proses demokrasi di Indonesia sejatinya adalah berkumpulnya masyarakat di Balai Dusun. Demikian halnya dengan pembangunannya sebagai bagian dari gotong royong.

“Balai Dusun adalah simbol demokrasi dan gotong royong. Balai Dusun juga memiliki filosofi kuat, yakni setiap keputusan dari forum-forum Balai Dusun sejatinya adalah kekhasan demokrasi di Indonesia," tambah Ketua DPW NasDem  DIY itu.

Pada kesempatan yang sama, Suharno mengatakan, aspirasi masyarakat Mbelembem akan diperjuangkan melalui kerja-kerja kedewanan di DPRD Gunungkidul. Dengan modal sembilan kursi DPRD, Fraksi Partai NasDem dapat mempercepat program-program aspirasi. Suharno menyebut, prinsip perjuangan Partai NasDem adalah ‘bangun dusun nganti wangun’ (membangun desa sampai tuntas).

"Kami akan berjuang terus karena kami wakil masyarakat, dan partai kami bukan partai abal-abal dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat. Pokoknya bangun dusun nganti wangun," tegas Suharno yang juga disaksikan Rian Eko Wibowo, anggota DPRD Gunungkidul Fraksi NasDem.

Selain penyerahan bantuan, Subardi yang akrab disapa Mbah Bardi bersama Suharno juga meninjau jembatan rusak di Dusun Pangkah, tak jauh dari lokasi Balai Dusun. Keduanya turut didampingi Lurah Candirejo, Agus Supriyadi.(NK/*).

Share: