Berita

Rachmad Gobel Panen Bawang Merah

TILAMUTA (30 Januari): Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi NasDem, Rachmad Gobel tak henti-hentinya mendorong peningkatan kualitas pertanian dan ekonomi para petani, sebagai upaya menurunkan angka kemiskinan di Gorontalo.

Pada Jumat (29/1), Legislator NasDem dari dapil Gorontalo itu melakukan panen bawang merah di Desa Molombulahe, Kecamatan Paguyaman, Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Gorontalo bersama Ketua APH (Asosiasi Petani Holtikultura) Gorontalo, Rum Pagau, serta dihadiri Direktur Serealia Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

“Ini merupakan langkah konkret Pak Rachmad Gobel dalam komitmennya memajukan pertanian di Gorontalo, khususnya di Kabupaten Boalemo, sesuai dengan janjinya saat kampanye,” kata Rum Pagau di sela acara panen bawang.

Ditambahkan, Rachmad Gobel bukan tipe orang yang banyak janji namun tidak ditepati. Sebaliknya menurut dia, Rachmad Gobel adalah orang yang memegang komitmen, dan program pertanian tersebut adalah bantuan pribadi dia kepada petani.

"Insya Allah ke depan para petani itu akan dinaungi koperasi tani yang digagas Pak Rachmad,” kata Rum.

Dalam kunjungan ke dapilnya kali ini, Rachmad Gobel didampingi ahli dari LIPI untuk membantu para petani dalam mengelola hasil pertanian.

“Saya sengaja mengajak Pak Agus dari LIPI, agar bisa melihat hasil pertanian di Gorontalo, seperti tomat, bawang merah, padi dan jagung. Hasil itu bisa diolah menjadi makanan ekspor atau bahan baku industri, sehingga harga hasil pertanian tetap stabil atau lebih meningkat ketika masa panen,” jelas Rachmad Gobel.

Gobel pada kesempatan tersebut juga mengatakan, dari 1,6 hektar lahan yang ditanami bawang merah di Desa Molombulahe bisa menghasilkan 20 ton bawang merah basah. Jika dalam keadaan kering berkisar 15-16 ton.

"Jika harga jual saat ini Rp35.000/Kg untuk bawang kering, maka hasil pertaniannya bisa mencapai Rp525.000.000 untuk lahan 1,6 hektar," tegas Gobel.(Alfian/*)

Share: