Berita

Komisi VII DPR Tinjau Kilang TPPI Tuban

TUBAN (27 November): Komisi VII DPR RI menyatakan mendukung penuh proyek strategis nasional di Kilang Trans-Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) Tuban, Jawa Timur. Bahkan Komisi VII DPR siap membedah dan membantu berbagai persoalan yang ada di TPPI.

Hal tersebut terungkap saat Komisi VII DPR RI melakukan kunjungan kerja ke lokasi PT TPPI Tuban, Jawa Timur, Kamis (26/11).

Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto dari Fraksi NasDem menyatakan, rombongan Komisi VII DPR datang ke lokasi TPPI karena ingin mengetahui berbagai persoalan yang ada. Termasuk menanyakan progres proyek revamping platforming dan pengembangan proyek olefin complex di TPPI.

"Kita bedah mulai aspek ekonomi, investasi, hingga dari sisi potensi," ujar Sugeng.

Menurut Legislator NasDem itu, setelah penggalian data di lapangan, proyek petrochemical olefin ini perlu ditangani serius dan harus berjalan. Karena produk itu mengurangi bahan impor, seperti biji plastik maupun yang lainnya. Bahkan, jika berjalan maka bisa menghemat devisa negara per tahun sekitar US$4,5 miliar.

Pasca melakukan peninjauan, kata wakil rakyat dari dapil Jawa Tengah VIII (Cilacap, Banyumas) itu menilai fasilitas di TPPI sudah memadai. Seperti lahan, kedalaman pantai, hingga infrastruktur ternyata dapat dibangun. Kendati demikian, masih ada problem yang indikasi dan indikatornya ada dua konsorsium.

"Mengingat adanya itu, maka kami akan mendorong TPPI agar mengatasi persoalan di tingkat nasional. Selain itu, kami akan menggelar rapat lintas komisi agar proyek itu dapat berjalan maksimal," paparnya.

Presiden Direktur TPPI, Yulian Dekri mengaku senang dan memiliki semangat baru karena mendapatkan dukungan penuh dari Komisi VII DPR RI. Diharapkan, dukungan penuh itu dapat membawa dampak dan target pengerjaan dua proyek strategis di TPPI.

"Meskipun untuk proyek revamping sudah berjalan dan proyek olefin lima tangki juga sudah berjalan, tetapi kami akan terus menindaklanjuti hingga produksi maksimal," ungkapnya. (*)

Share: