Berita

BUMDes Tridadi Makmur Sleman bisa Jadi Contoh

SLEMAN (27 November): Komisi V DPR RI dipimpin wakil ketuanya Syarif Abdullah Alkadrie dari Fraksi NasDem melakukan Kunjungan Kerja Spesifik (Kunspek) di Puri Mataram, Desa Tridadi, Sleman, DIY, Kamis (26/11).  

Dalam kunjungan tersebut Komisi V DPR mengadakan pertemuan dengan perwakilan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi, Pemerintah Kabupaten Sleman, dan jajaran pengurus BUMDes Tridadi Makmur Sleman.

Pada pertemuan itu, tim Komisi V DPR RI mendorong agar BUMDes dapat meningkatkan perannya sebagai penggerak ekonomi dan ketahanan pangan. Di sisi lain, Komisi V DPR RI menilai, dengan berbagai unit usaha dan kinerja yang dimiliki BUMDes Tridadi Makmur, dapat menjadi percontohan bagi BUMDes di daerah lain.

“Pertama kali secara khusus untuk meninjau Kementerian Desa, karena kita menaruh perhatian besar terutama kegiatan BUMDes, karena di sini salah satu unit usaha yang dikembangkan oleh desa,” ujar Syarif.

Legislator NasDem asal dapil Kalimantan Barat I itu juga mengatakan, BUMDes adalah badan hukum yang didirikan oleh desa untuk mengelola usaha, mengembangkan investasi, menyediakan jasa pelayanan, dan jenis usaha lainnya sebagai bentuk kegiatan untuk menyejahterakan masyarakat desa.

Plt Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Sleman, Budi Harjo mengatakan Balai Besar Latihan Masyarakat (BBLM) DIY juga memberikan pelatihan bagi masyarakat yang berorientasi terhadap peningkatan produktivitas dan penjualan.

"Seperti pelatihan pengelolaan BUMDes, pelatihan kader pemberdayaan masyarakat desa, dan pelatihan e-commerce.Upaya tersebut dilakukan agar BUMDes mampu memasarkan produk dan mengembangkan produk berskala nasional melalui teknologi informasi," imbuh Budi.

BBLM DIY telah memberikan kontribusi yang cukup besar bagi warga Sleman sebagai upaya peningkatan pembangunan. Tidak hanya itu, BBLM juga memberikan pelatihan bagi masyarakat difabel.

“Keberadaan BBLM Yogyakarta yang berada di wilayah Kabupaten Sleman memberikan kontribusi yang cukup besar untuk warga Sleman dalam upaya peningkatan pembangunan”, tambahnya.(HH/*)

Share: