Berita

Perlu Pengawasan Terpadu Saat Liburan Akhir Tahun

JAKARTA (20 November): Mengantisipasi liburan panjang akhir tahun perlu mekanisme terpadu antardaerah untuk pengendalian Covid-19, agar lonjakan penyebaran virus korona tidak terulang.

"Mekanisme pemeriksaan Covid-19 calon penumpang pesawat dan kereta api sudah berjalan selama ini. Yang masih terkesan longgar pengawasannya adalah perjalanan orang menggunakan transportasi darat, selain kereta," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, dalam kesempatan FGD terkait sikap masyarakat terhadap Covid-19 yang dilakukan secara daring, Jumat (20/11).

Menurut Lestari, langkah meniadakan liburan akhir tahun untuk menghindari lonjakan kasus positif Covid-19 harus dipertimbangkan secara matang.

Karena, jelas Rerie, sapaan akrab Lestari, ada sejumlah daerah yang sudah siap menerapkan disiplin protokol kesehatan yang ketat, saat menyambut wisatawan di masa pandemi.

Opsi agar liburan tetap berlangsung dan Covid-19 tetap terkendali, tegas Legislator Partai NasDem itu, harus diimbangi antara lain dengan meningkatkan upaya pengawasan.

Mekanisme pengendalian pergerakan orang di masa liburan akhir tahun, menurut Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI itu, harus segera dirancang dan disosialisasikan agar masyarakat paham dan upaya pengendalian penyebaran Covid-19 bisa lebih efektif.

Dengan dua kali pengalaman liburan panjang, Rerie berharap, pemerintah dapat menerapkan mekanisme pengawasan yang lebih baik, lewat sejumlah perbaikan teknis pengawasan dari hasil evaluasi yang telah dilakukan.

Menurut wakil rakyat dari dapil Jawa Tengah II (Kudus, Jepara, Demak) itu, menjelang liburan akhir tahun dan pemberian vaksin Covid-19 perlu pembiasaan penerapan norma-norma baru di tengah masyarakat dalam berbagai aktivitas, termasuk norma baru dalam kegiatan di masa liburan.[*]

Share: