Berita

Perjuangan Rico Sia Lewat Jalur Aspirasi Direalisasikan

SORONG (22 Oktober): Perjuangan anggota Fraksi NasDem DPR RI dari Papua Barat, Rico Sia, dalam meningkatkan kualitas pendidikan di daerah pemilihannya mulai terlihat hasilnya.

Saat masih menjadi anggota Komisi X DPR RI yang bermitra dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Rico memperjuangkan berbagai bantuan mulai dari Program Indonesia Pintar (PIP) hingga bantuan alat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).  

Meski saat ini Rico Sia duduk di Komisi VII DPR RI, hasil perjuangannya melalui jalur aspirasi anggota Komisi X DPR RI mulai terealisasi. Hal itu terbukti saat ini tiga Sekolah Dasar (SD) di Kota Sorong, Papua Barat yakni, SD Inpres 102 Malanu, SD Inpres 67 Tempat Garam dan SD Negeri 4 Tanjung Kasuari, pada Kamis (15/10) lalu menerima bantuan puluhan alat TIK berupa I unit proyektor Acer DX2010, 1 unit D—Wireless Router DWR-920 dan 15 unit laptop untuk masing masing sekolah.  

Ketika dikonfirmasi, Legislator NasDem itu membenarkan hal tersebut. Dia memang mengusulkan beberapa sekolah sebagai penerima bantuan program TIK, namun hanya tiga sekolah yang ditetapkan sebagai penerima. Karena setelah pengusulan, lanjut Rico, maka ketetapan dibuat berdasarkan penilaian Tim Penilai Teknis Bantuan Pemerintah yang bersifat independen dan multidisipliner.

“Jadi, masing masing sekolah mendapatkan 17 item, total bantuan dari Kemendikbud sebanyak 51 item untuk dibagikan ke tiga sekolah,” papar Rico dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/10).  

Wakil rakyat dari Papua Barat itu menambahkan, program tersebut ia perjuangkan sebagai bentuk tanggung jawabnya sebagai anggota Dewan yang harus berjuang untuk kepentingan masyarakat di dapilnya setelah mendengarkan aspirasi rakyat.

“Ini program saya sewaktu masih di Komisi X DPR. Aspirasi ini kami bekerja sama dengan empat mitra Komisi X DPR yaitu, Kemendikbud, Kemenpora, Kemenparekraf, dan Perpustakaan RI,” jelasnya.

Rico menambahkan, untuk sekolah yang belum mendapatkan kesempatan kali ini, dia berharap tetap semangat karena masih ada program program aspirasi selanjutnya yang pasti akan ia perjuangkan untuk masyarakat Papua Barat.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Sekolah SD Inpres 102, Tahir Tidore bersama Operator Sekolah, Anny Ratuanik,  menyampaikan terima kasih kepada Rico Sia karena telah memperjuangkan program ini sehingga SD Inpres 102 Malanu sebagai penerima bantuan TIK jalur aspirasi melalui Kemendikbud.

“Sekolah sudah menerima satu proyektor, satu wireless dan dana tunai untuk dibelikan 15 unit laptop. Terima kasih bapak Rico Sia yang sudah memperjuangkan program ini sehingga sekolah kami SD Inpres 102 ditetapkan sebagai penerima. Sekali lagi terima kasih bapak Rico Sia,” ujarnya.

Menurut Tahir, program strategis nasional di bidang teknologi informasi untuk guru dan siswa sangat dibutuhkan, terutama di masa pandemi Covid-19. Program-program melalui jalur aspirasi itu menunjang dunia pendidikan khususnya di Papua Barat.

Senada dengan itu, Operator Sekolah Dasar (SD) Inpres 67 Tempat Garam yang mewakili kepala sekolah, Hervin Karubaba mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih atas program program yang sudah diperjuangkan anggota DPR-RI, Rico Sia untuk sekolah tersebut.

“Kami juga menerima alat yang sama dengan dua sekolah lainnya. Alat ini segera kami gunakan untuk mempermudah proses belajar. Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Rico Sia,” katanya. (Sonia/*)

Share: