Berita

Rico Sia Lega Pertamina Jamin BBM Satu Harga

SORONG (8 Agustus): Anggota DPR RI dari Fraksi NasDem asal Papua Barat, Rico Sia, berharap agar Pertamina dapat terus menjaga komitmennya dalam menjaga program BBM Satu Harga apapun inovasi yang akan dilakukan Pertamina ke depannya.

Legislator NasDem itu memberi masukan apabila memang harus diswastanisasi, Pertamina harus benar-benar selektif dalam memilih perusahaan sebagai mitranya.

"Saya berharap, jika dilakukan privatisasi melalui Subholding Pertamina di Papua Barat, maka prioritaskan pengusaha-pengusaha dalam negeri jika memang rencana IPO diterapkan di anak perusahaan Pertamina," pungkas Rico kepada partainasdem.id, Sabtu (8/8).

Sebelumnya Rico Sia mengaku banyak mendengar dari tokoh masyarakat Papua Barat mengenai rencana privatisasi melalui Subholding Pertamina di Papua Barat. Anggota Komisi VII DPR RI itu pun menyampaikan kekhawatiran masyarakat jika terjadi privatisasi tersebut khususnya terkait BBM satu harga.

Pertamina dalam tanggapannya melalui Vice President Corporate Communication, Fajriyah Usman dalam Investor Daily menyatakan dengan adanya rencana penawaran umum saham perdana (Initial Public Offering/IPO), tidak akan mempengaruhi pelaksanaan penugasan-penugasan yang diberikan pemerintah ke perseroan (Pertamina).

Pertamina, kata Fajriyah Usman, terus berkomitmen menjalankan penugasan tersebut melalui fungsi di internal Pertamina maupun di subholding atau anak perusahaan. Fajriyah menambahkan bahwa penugasan BBM satu harga dan pembangunan Jargas (jaringan distribusi gas bumi) merupakan komitmen Pertamina Group. Ini merupakan bukti komitmen dalam memberikan kemudahan akses, kehandalan, dan pelayanan dalam penyediaan energi bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Rico mengapresiasi Pertamina yang telah melakukan inovasi untuk mendapatkan profit yang setingginya tanpa meninggalkan program BBM satu harga di seluruh Indonesia untuk mewujudkan niat Presiden Joko Widodo mengamalkan sila ke 5 Pancasila yaitu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Menyuarakan suara rakyat di dapil kemudian langsung mendapat penjelasan dari pihak terkait, menurut Rico Sia adalah salah satu bentuk restorasi sederhana yang tercermin guna mewujudkan cita-cita Partai NasDem.  

“Yang saya maksud dengan restorasi dalam hal ini adalah, apabila keluhan masyarakat bisa langsung ditanggapi dengan penjelasan atas isu yang berkembang melalui media masa. Cara-cara seperti ini bisa membuat kita bekerja secara terbuka dan lebih transparan agar masyarakat dengan cepat mendapat jawaban atas kecemasan mereka,” kata Legislator NasDem itu lagi. (RO/Sonia/*)

Share: