Berita

Sri Wahyuni Apresiasi Pemkab Ponorogo Kembangkan Pertanian Organik

PONOROGO (30 Juli): Desa Prajegan, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur terpilih sebagai tuan rumah kegiatan panen raya padi organik, Rabu (29/7).

Kegiatan bertajuk 'Gerakan Ketahanan Pangan 2020' itu dihadiri Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni bersama anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Sri Wahyuni.

Acara panen raya padi organik dilaksanakan bersamaan dengan ditetapkannya tatanan kehidupan baru saat pandemi Covid-19 mewabah di seluruh dunia.

Farm Fiel Day (hari temu lapangan petani) itu diisi dengan panen padi program pertanian ramah lingkungan, pertanian organik, kegiatan pengembangan tanaman pangan dan hortikultura organik TA 2020. Acara tersebut dihibur seni angklung Suryo Pandhowo.

Saat panen raya, Bupati Ipong Muchlissoni yang juga Ketua Bappilu NasDem Jawa Timur itu terharu karena bisa bersama dengan para petani dalam suasana senang karena panen raya.

“Harus diakui bahwa panen sedikit spesial karena padi yang dipanen adalah jenis pengembangan pertanian ramah lingkungan dengan menggunakan pupuk organik cair (POC) bantuan dari pemerintah daerah,” tuturnya.

Bantuan POC dari pemerintah Kabupaten Ponorogo merupakan bentuk komitmen Bupati Ipong dalam program prioritasnya menuju pertanian organik.

“Untuk mewujudkan cita-cita tersebut maka kami menggelontor anggaran cukup besar sejak tahun 2017 hingga tahun 2020 dengan memberikan bantuan POC secara gratis kepada petani di Ponorogo,” jelasnya

Ipong juga mengatakan, setelah memakai POC bantuan pemerintah kabupaten, hasil produksi padi dalam satu hektarnya mencapai tujuh hingga delapan ton gabah.

“Keuntungan menjadi petani organik juga mulai dirasakan petani,” imbuhnya.

Masih menurut Ipong, sebelumya petani harus keluarkan biaya untuk membeli pupuk kimia yang setiap tahun selalu naik. Tapi kini dengan menggunakan pupuk organik kebutuhan akan pupuk kimia semakin berkurang dan itu otomatis mengurangi biaya operasional petani.

“Lebih dari itu tanah juga akan semakin subur dengan menggunakan pupuk organik,” katanya.

Sri Wahyuni mengapresiasi keberhasilan Pemerintah Kabupaten Ponorogo dalam mengembangkan pertanian organik. Ia berharap langkah tersebut dapat berlanjut ke depannya.

“Semoga langkah pengembangan pertanian organik bisa berlanjut demi masa depan bangsa,” kata Legislator NasDem itu.(HH/*)

Share: