Berita

Sulaeman Hamzah Sampaikan Aspirasi Warga Papua ke Jokowi

Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-KH. Maruf Amin dan pimpinan Tim Kampanye Daerah (TKD) dari 34 provinsi bersilaturahmi dengan Presiden Terpilih 2019-2024, Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (2/7) malam. Pertemuan berlangsung penuh keakraban.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi mengajak jajaran TKN dan TKD berdiskusi tetntang perjuangan selama 8 bulan untuk kampanye kemenangan pasangan 01 (Jokowi-Maruf). Jokowi tak lupa mengucapkan terima kasih tas kerja keras TKN/TKD, serta berharap agar terus aktif menjaga persatuan serta membangun persaudaraan dan silturahmi dengan seluruh komponen bangsa.

Dalam kesempatan itu, Ketua Tim Pemenangan Daerah (TKD) Jokowi-Maruf Provinsi Papua, H Sulaeman L Hamzah yang juga anggota DPR-RI mewakili Dapil Papua menyampaikan asipirasi masyarakat kepada Jokowi, terutama pembangunan dalam bidang pembangunan pertanian, infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan masyarakat Papua. Sulaeman meminta Jokowi untuk terus mempertahankan prioritas pembangunan di Papua pada periode berjalan dan dilanjutkan dan ditingkatkan periode berjalan.

“Jadi pada sesi pengambilan gambar (berpose dengan Jokowi), kita tim TKN dan TKD dipanggil satu persatu. Pada saat itu saya berkesempatan untuk menyampaikan secara khusus apa saja yang menjadi keinginan masyarakat Papua. Saya meminta Jokowi supaya apa yang sudah dilaksanakan pada periode berjalan, itu bisa dilanjutkan lagi pada periode selanjutnya. Presiden Jokowi sangat siap bahkan akan ada inovasi untuk mengembangkan Papua ke depan supaya lebih baik,” beber Sulaeman Hamzah kepada Papua Selatan Pos melalui sambungan telepon seluler, Rabu (3/7).

Aspirasi yang disampaikan kepada Jokowi, lanjut Sulaeman, khusus di bidang pertanian dan kelautan, misalnya dengan penambahan alat-alat pertanian dan sarana penangkapan ikan. Sedang di bidang infrastruktur, misalnya pembangunan jalan Trans Papua (jalan yang menghubung seluruh wilayah Papua, red) agar terus bangun dan dikembangkan selama periode berjalan maupun periode selanjutnya di era kepemimpinannya. Demikianpun di bidang pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan masyarakat.

“Segala hal yang saya sampaikan kepada Bapak Presiden, perihal apa saja yang serap selama masa reses. Apa yang menjadi keinginan masyarakat Papua. Khusus mengenai jalan yang menghubungkan seluruh wilayah Papua agar terus dibangun hingga periode kepemimpinan berakhir di tahun 2024. Saya kira perhatian Presiden terhadap semua aspek yang ada di Papua sangat besar, baik itu pengembangan SDM, infrasturktur, pertanian dan sebagainya, di periode berikutnya akan dikembangkan lebih besar untuk memacu pertumbuhan ekonomi daerah. Khusus infrastruktur Jalan Trans Papua, justru itu yang menjadi prioritas utama yang akan diperhatikan Jokowi. Bahkan ada inovasi baru agar Papua secara keseluruhan dapat terhubung. Itu yang menjadi program unggulan Jokowi yang belum selesai di periode sebelumnya, harus diselesaikan pada periode berikutnya,” paparnya.

Dikatakan, dengan kemenangan dalam Pilpres 2019 yang diberikan masyarakat Papua kepada Jokowi, maka perhatian Jokowi pun akan lebih besar diberikan kepada masyarakat Papua dalam pembangunan di segala bidang. Program awal Jokowi adalah pembangunan daerah yang belum tersentuh. Itulah sebabnya, Jokowi berupaya membangun dimulai dari pinggiran dalam periode kepemimpinannya.

 “Oleh karena itu kita harus mendukung program-program pembangunan yang dicanangkan Presiden Jokowi dalam berbagai aspek. Papua secara khusus akan mendapat perhatian besar dari Jokowi, karena dalam beberapa kali kunjungan ke Papua, Presiden tahu akan yang harus dilakukan di Papua untuk memaksimalkan pembangunan, sebelum berakhir kepemimpinan di periode berikutnya,” tandas Sulaeman Hamzah.

Share: