Berita

Terlalu Dini, Fraksi Nasdem Tolak Pembentukan Tim Pansus Pemilu

Jakarta, 9 Mei 2019. Fraksi partai Nasdem DPR RI masih memberikan penolakannya atas usulan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) penyelenggaraan Pemilu 2019. Hal tersebut dikatakan Johnny G Plate, Anggota DPR RI Fraksi Partai Nasdem usai Rapat Paripurna ke-16 pembukan Masa Persidangan V DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (8/5/2019).

“Saya menolak pembentukan tim Pansus Pemilu sebelum hasil Pemilu yang resmi ini keluar dari KPU. Apa pun hasilnya, hal-hal yang kurang kita perbaiki nanti," kata Johnny.

Usulan yang dilakukan oleh Ledia Hanifa, Anggota DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengenai pembentukan pansus penyelenggara pemilu 2019 disebabkan oleh banyaknya persoalan yang muncul saat pemilu berlangsung. Dia didukung oleh Bambang Haryo, Anggota DPR RI Fraksi Gerindra dan Sukamta yang juga Anggota DPR RI Fraksi PKS.

Penolakan Jhonny G. Plate terhadap usulan tersebut didukung oleh M. Misbakhun, Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar. Menurutnya kita hanya perlu menunggu hasil dari KPU tanggal 22 Mei nanti dan mengevaluasi persoalan seperti banyaknya korban kematian petugas KPPS.

Menurut Ketua DPR, Bambang Soesatyo rencana penggunaan hak angket untuk membentuk pansus sangat prematur karena masa pemilu belum berakhir. Selain itu,  penggunaan hak angket harus melalui persetujuan fraksi lain jika tidak bisa kandas.

“Pada saatnya nanti DPR perlu melakukan evaluasi secara menyeluruh atas pelaksanaan pemilu serentak yang baru kita laksanakan,” ujar Bambang Soesatyo dalam pidatonya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPR Bambang Soesatyo menegaskan akan menampung semua aspirasi yang ada di rapat dan akan membicarakannya di pimpinan dewan. []

Share: