Berita

Tsunami Anyer, Anggota DPR NasDem Ajak Warga Pandeglang Tetap Siaga

Anggota DPR RI dari Fraksi NasDem dari Daerah Pemilihan Banten I (Kabupaten Pandeglang dan Lebak), Beni Sudrajat, mengucapkan rasa duka yang mendalam terkait musibah tsunami yang menerjang kawasan Anyer pada Sabtu (22/12) malam.

"Sejak reses DPR masa persidangan II Tahun Sidang 2018-2019 kami berada di Dapil. Saat ini saya dan tim tengah berada di lapangan. Kami terus menghimpun informasi di lapangan, sejak kejadian gelombang pasang yang terjadi di wilayah pantai Tanjung Lesung Anyer, berlangsung sekitar pukul 21.27 WIB. Hingga saat ini sudah terdata korban jiwa dan tingkat kerusakan aset milik masyarakat," ujar Beni, Minggu (23/12).

Ia juga menyatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan berbagai stakeholder terkait untuk memperoleh informasi terbaru. Ia berharap dapat memberikan bantuan yang tepat.

"Situasi masih belum ada kejelasan dinyatakan aman. Meski kita juga melihat BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) terus bekerja melaporkan aktivitas Gunung Anak krakatau yang berpengaruh pada terjadinya tsunami," jelasnya.

Dalam keterangan tertulisnya, Beni Sudrajat juga berharap agar masyarakat tidak panik, namun harusnya siaga. Artinya, memperhatikan informasi terbaru, mengantisipasi kemungkinan terburuk, namun jangan sampai melakukan tindakan akibat panik yang justru malah merugikan.

"Siaga adalah kata kunci dalam kondisi terjadi bencana. Pemerintah kita lihat juga bekerja sigap memitigasi bencana, dan jangan termakan informasi yang tidak valid atau hoaks. Jangan pernah bilang siaga itu sulit, justru kita tidak akan siaga jika kita panik," jelasnya.

Sebagaimana diberitakan, wilayah yang terkena musibah tsunami meliputi, Pantai Tanjung Lesung, Pantai Sumur, Pantai Teluk Lada, Pantai Panimbang, dan Pantai Carita.

"Situasi terakhir dari laporan kader-kader Nasdem yang berada di lokasi bencana menyebutkan bahwa posisi jalan masih tertutupi bangunan-bangunan yang rusak dan pohon-pohon yang tumbang di sekitar jalan. Bahkan pada Minggu siang, teridentifikasi air laut kembali mengalami kenaikan di area pantai Carita dan tanjung Lesung Pandeglang," pungkas Beni. []


CATATAN: Tulisan ini dimuat oleh berbagai media pada hari Minggu sore, seperti Media Indonesia Online. Seiring perkembangn situasi di daerah yang terkena bencana Tsunami, pernyataan dalam tulisan ini mungkin sudah tidak sesuai.

Share: