Berita

Akselerasi Anggota DPR NasDem Sukseskan Serap Gabah di Luwu

Upaya pemerintah untuk mengatasi masalah stok dan harga beras terus dipacu. Pemerintah melalui Kementerian Pertanian, Badan Urusan Logistik (Bulog) dan Kementerian Perdagangan terus berkoordinasi agar stok beras memadai dan harga tidak dipermainkan mafia beras.

Langkah pemerintah yang demikian juga disambut positif oleh anggota DPR Fraksi Partai NasDem, Luthfi A. Mutty. Salah satunya dengan meninjau langsung lumbung beras di daerah pemilihannya.

Dalam kunjungan masa resesnya, Anggota DPR yang juga mantan staf ahli wakil presiden Budiono ini menekankan pentingnya segala upaya untuk menguntungkan petani dalam upaya menekan harga beras dan menyediakan stok bagi masyarakat. Hal ini disampaikannya dalam rapat koordinasi persiapan penyerapan gabah petani di Kantor Bulog Subdivre Palopo beberapa waktu lalu.

Pada rakor yang dihadiri Dandim 1403, Kadis Pertanian se-Tanah Luwu, Mitra Bulog dan aparat pemerintah, dia mengatakan penting bagi petani untuk berkontribusi dalam pembangunan. Namun demikian juga petani harus diperhatikan dan difasilitasi dengan berbagai kemudahan oleh pemerintah.

“Beras adalah komoditi strategis. Kenaikan harga sangat berpengaruh pada inflasi, karena itu perlu dijamin ketersediaannya. Saya perlu memastikan bahwa petanilah yang mendapat manfaat besar dari program serap gabah ini,” jelasnya.

Dalam beberapa kasus, program serap gabah dan program-program pertanian dari pemerintah sering kali dibajak oleh pihak tertentu demi meraup untung. Hal ini menjadi keprihatian tersendiri bagi Lutfi yang pernah menjabat, dua periode bupati Luwu Utara. Dia

menyesalkan adanya pungutan kepada kelompok tani (KT) penerima bantuan alsintan (alat dan mesin pertanian) dari pemerintah.

“Alsintan kepada KT dimaksudkan untuk meringankan biaya petani. Saya sangat menyesalkan ulah pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang melakukan pungutan itu. Itu jelas pungli. Saya berharap pihak penegak hukum menindak siapa pun yang melakukannya,” pungkasnya.

Share: