Berita

Amelia Anggraini Sosialisasi Pangan Aman dari Bahan Berbahaya Kepada Masyarakat Kebumen

Kebumen - Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi NasDem Amelia Anggraini menyambut baik sosialisasi tentang Pangan Aman dari Bahan Berbahaya bagi masyarakat di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Minggu, (4/3). Sosialisasi dilakukan di dua lokasi yakni di RM Ulam Sari Kutowinangun, Kebumen dan Balai Desa Candiwulan Kecamatan Kebumen, Jawa Tengah.

Acara yang berlangsung selama kurang lebih dua jam tersebut berjalan menarik dengan diselingi sajian musik dan kuis.

"Melalui sosialisasi ini bisa memberikan pengetahuan dan membangun kesadaran kepada masyarakat tentang obat dan pangan aman," ujar politisi NasDem ini.

Lebih jauh Amelia juga menambahkan, dengan adanya kegiatan sosialisasi pangan aman, diharapkan dapat meningkatnya kesadaran masyarakat tentang mengkonsumsi obat-obatan dan makanan. Serta dapat terjalinnya sinergitas antara masyarakat dan BPOM serta instasi lain terhadap pengawasan obat dan makanan.

"Intinya masyarakat harus terus diedukasi agar bisa menjadi konsumen yang cerdas. Salah satunya melalui kegiatan seperti ini," imbuhnya.

Acara yang diselenggarakan bersama Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Semarang itu dipicu setelah digelar monitoring di sejumlah pasar tradisional di Kebumen. Hasilnya sungguh mengejutkan. Dari total 61 sampel makanan yang diuji, 16 makanan diantaranya positif mengandung zat kimia berbahaya, yakni formalin dan rhodamin B. Kedua zat ini jelas dilarang digunakan untuk campuran bahan makanan dan bahaya bila dikonsumsi.

"Zat kimia itu bersifat karsiogenik atau bisa memicu kanker. Efeknya memang tidak seketika tapi bila dikonsumsi secara terus menerus bisa menyebabkan kanker," tegas Kepala BBPOM Semarang Dra Endang Pudjiwati MM Apt di RM Ulam Sari Kutowinangun, Kebumen, Jawa Tengah.

 Pada kesempatan tersebut, BBPOM juga memberikan doorprize kepada peserta sosialisasi yang bisa menjawab pertanyaan seputar paparan narasumber.

Share: